Menggali Pustaka Candi: Sarasehan, Pertunjukan, Instalasi

Even di Jogja, layak jadi acara Anda.

Waktu :
Selasa, 11 Februari 2014
Sarasehan: 11.00 WIB
Pertunjukan: 13.30 WIB
Tempat :
Candi Kimpulan di Area Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta
Jl. Kaliurang Km. 15,5 Sleman
Deskripsi :
Kini kehadiran perpustakaan adalah sebagai pusat dokumentasi, arsip sekaligus penyimpanan ilmu pengetahuan serta maha karya manusia yang patut dilestarikan. Perpustakaan juga merupakan sumber kegiatan kreatif dalam penciptaan ilmu dan seni. Tidak hanya para peneliti, pustakawan ataupun mahasiswa, tetapi juga seniman maupun masyarakat umum diharapkan mampu menghidupkan perpustakaan guna mendorong kreatifitas dalam penciptaan ilmu dan kesenian yang punya nilai-nilai berbudaya masa kini dan masa depan ke-Indonesiaan.
Candi Kimpulan di area perpustakaan Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta juga bisa dipandang sebagai cagar budaya yang mempunyai nilai-nilai yang bisa dipelajari dalam hal filsafat, pengetahuan, arsitektur dan lingkungan hidup, adat istiadat maupun sebagai sumber inspirasi dalam bidang kesenian.
Perpustakaan Universitas Islam Indonesia yang bersandingan dengan Candi Kimpulan adalah satu keragaman yang unik yang mempunyai nilai antar ketuhanan juga kebudayaan masa lalu, pemikiran-pemikiran masa lalu yang bisa berinteraksi dengan nilai-nilai masa lalu, masa kini yang ada di perpustakaan Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta. Selain itu, Perpustakaan UII dengan Candi Kimpulan diharapkan bisa interaksi dan saling menstimulasi energi yang berguna bagi kemanusiaan pada umumnya.
Untuk itu, kami dari komunitas Padepokan Lemah Putih (Karanganyar) dan Kalanari Theatre Movement (Yogyakarta) bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, menggagas sebuah acara: “Menggali Pustaka Candi: Sarasehan, Pertunjukan, Instalasi”.
Agenda :
SARASEHAN
11.00 WIB
“Peranan Perpustakaan sebagai Sumber Penciptaan Ilmu dan Kreativitas Seni”
Pembicara: Kris Budiman (UGM), Jen Shyu (Amerika), Elisabeth D. Inandiak (Yogyakarta)
PERTUNJUKAN
13.30 WIB
1.Sambutan Rektor UII
2.Pengantar Ir. Revianto Budi Santosa, M.Arch. atau Wiryono Raharjo (UII)
3.Shalawatan, Pesantren Al Qodir, Cangkringan
4.Johan Dhaese (Belgia) kolaborasi dengan Mugiyono Kasido dan Marvel (Solo)
5.Landung Simatupang (Yogyakarta)
6.Estefania Pifano (Venezuela)
7.Galih Nagasena (Solo) kolaborasi dengan Lynda Brainsbury (Inggris) dan Sunarso
8.Diane C. Butler (Bali)
9.Suprapto Suryodarmo (Solo) kolaborasi dengan Jen Shyu (Amerika), Miroto (Yogyakarta), Fitri Setyaningsih (Yogyakarta), Misbach (Makassar) dan Mangku Gede Ngakan Ngurah Mahendrajaya (Bali)
Sumber: evenjogja.com